.

10 Lagu Ciptaan Ahmad Dhani

 on Rabu, 24 Juli 2013  

Ahmad Dhani dikenal sebagai salah satu musisi paling berbakat di Indonesia.  Tak hanya mahir dalam menciptakan lagu-lagu berkualitas, Dhani juga memiliki talenta luar biasa dalam menjadi seorang produser.  Ia banyak mengorbitkan talenta-talenta baru di dunia musik Indonesia seperti Ratu, Reza, Bebi Romeo, Agnes Monica, dan masih banyak lagi.

Dalam artikel kali ini, Top10Artis akan membahas 10 lagu ciptaan Ahmad Dhani terbaik yang diciptakannya di luar proyek bersama Dewa 19.  Lagu-lagu dalam artikel ini lebih banyak dibawakan oleh Dhani secara solo maupun bersama Ahmad Band, The Rock, The Swinger, dan T.R.I.A.D.  Langsung saja, berikut daftarnya:




10.  Aku Bukan Siapa-Siapa



Keputusan Ahmad Dhani untuk merilis lagu ini ke pasaran Indonesia tergolong cukup berani, mengingat konsep lagu yang cukup idealis dan belum populer di kalangan masyarakat Indonesia.  Ya, lagu Aku Bukan Siapa-Siapa memiliki unsur jazz dan swing yang sangat kuat, sangat berbeda dengan lagu-lagu Dewa 19 ataupun Ahmad Band yang selama ini banyak dikenal orang.

Walaupun tidak terlalu meledak di pasaran, lagu ini setidaknya membuktikan bahwa Ahmad Dhani masih bisa menciptakan sebuah karya yang berkualitas setelah diterpa badai kritik dan gosip.  Secara musikalitas, Aku Bukan Siapa-Siapa sang top dan berkualitas.



9.  Bidadari di Kesunyian


Tak puas hanya berkarya bersama Dewa 19, Ahmad Dhani kemudian memutuskan untu membentuk Ahmad Band dengan mengangkat dirinya sebagai vokalis utama.  Keputusannya ini terbilang berani, namun ternyata cukup sukses.  Ahmad Band mampu menjadi salah satu band yang kualitasnya mampu menandingi Dewa 19 dan hingga sekarang akan terus dikenang.

Lagu Bidadari di Kesunyian sendiri sangat easy listening.  Temponya santai, dan tidak ada nada-nada terlalu tinggi atau rendah yang susah untuk dinyanyikan.  Satu hal lagi, lagu ini sangat cocok dengan warna suara Ahmad Dhani sehingga menjadi sangat enak didengarkan.



8.  Makhluk Tuhan Paling Sexy


Salah satu lagu Ahmad Dhani yang memiliki judul paling kontroversial.  Lagu ini pada awalnya diciptakan untuk Mulan Jameela yang saat itu baru saja "dikeluarkan" dari grup Ratu.  Walaupun kontroversial, lagu ini tidak hanya sekedar bentuk usaha untuk mencari sensasi.  Kualitasnya sangat bagus, dengan campuran musik timur tengah, rock, dan dangdut Melayu yang sangat asyik didengarkan.

Setelah cukup sukses dibawakan oleh Mulan Jameela, Ahmad Dhani memutuskan untuk menyanyikan lagu ini bersama The Rock.  Makhluk Tuhan Paling Sexy versi Ahmad Dhani terkesan lebih memiliki unsur rock yang kuat dan keras.


7.  Distorsi



Pernahkah Ahmad Dhani membuat lagu yang bertema kritik sosial politik seperti layaknya Slank atau Iwan Fals?  Jangan salah, ternyata mantan suami Maia Ahmad ini tak mau ketinggalan mengkritisi kondisi negeri ini lewat lagu Distorsi.  Lagu ini diplot sebagai salah satu senjata Ahmad Band yang terbukti cukup populer dan sukses di masa itu.

Lirik lagu Distorsi terbilang sangat lugas dan blak-blakan.  Banyak kaum yang dikritisi oleh Ahmad Dhani dalam lagu ini, mulai dari para koruptor, ekonom, penegak hukum, hingga kaum pemuda yang tidak produktif.  Sangat penuh ironi dan sindiran yang sangat tajam.



6.  Rahasia Perempuan


Satu lagi lagu Ahmad Dhani yang cukup menggelitik dan perempuan.  Bagaimana tidak, lagu ini diawali dengan pertanyaan "Bagian apakah yang paling peka pada perempuan apabila disentuh oleh seorang lelaki?".  Walaupun kelanjutan lagu ini jauh dari unsur porno, namun kalimat pembuka ini sangat provokatif dan bisa memancing pikiran nakal.

Lagu ini pada awalnya diciptakan Ahmad Dhani untuk dinyanyikan oleh Ari Lasso.  Sang pencipta pun memutuskan untuk menyanyikan sendiri lagu ini bersama The Swinger, dengan irama yang jauh lebih nge-jazz, lebih nge-blues, dan lebih enjoy untuk dinikmati.



5.  Kamu-Kamulah Surgaku


Lagu ini menandai masa jaya Ahmad Dhani bersama The Rock.  Bertemakan tentang kasih sayang orang tua pada anaknya, Ahmad Dhani tampaknya ingin menunjukkan kepada dunia bahwa ia adalah seorang ayah yang benar-benar tulus mencintai ketiga putranya.  Liriknya indah, dan secara musikalitas juga sangat memanjakan telinga kita.

Lagu Kamu-Kamulah Surgaku sempat bertengger di posisi nomor satu tangga lagu Indonesia selama beberapa minggu berturut-turut.  Wajar saja, irama rock-nya begitu asyik, enak didengarkan, dan membuat kita seolah tak bosan mendengarkannya berkali-kali.



4.  Kasidah Cinta


Sempat dipopulerkan bersama grup musik Dewa, Kasidah Cinta juga sempat dinyanyikan oleh Puri "Mahadewi" sebelum akhirnya dinyanyikan sendiri oleh Ahmad Dhani.  Dilihat dari judulnya saja, Kasidah Cinta memiliki kesan yang sangat romantis.  Memang, lagu ini dipenuhi dengan kata-kata manis yang sangat indah untuk didengarkan.

Kasidah Cinta yang dibawakan dalam versi Ahmad Dhani bersama The Swingers terkesan jauh lebih groovy daripada versi aslinya.  Unsur jazz-nya terasa lebih kuat, sama seperti pada lagu Rahasia Perempuan.  Benar-benar gubahan yang sangat kreatif!


3.  Munajat Cinta


Apa lagu yang menjadi master piece Ahmad Dhani dan The Rock?  Jawabannya adalah lagu Munajat Cinta.  Saking hebatnya, lagu ini tercatat sempat memuncaki chart lagu di MTV Indonesia selama lebih dari 5 minggu.  Tak hanya itu, lagu Munajat Cinta juga dibawakan bersama tiga personil The Rock yang berasal dari Australia, salah satu kolaborasi pertama Dhani dengan musisi asing.

Lirik lagu ini sebenarnya juga sangat sederhana, langsung ke sasaran.  Namun seperti hampir sebagiian besar lagu Ahmad Dhani, Munajat Cinta sangat enak didengarkan berkali-kali.  Bagian reff yang berbunyi "...Tuhan kirimkanlah aku, kekasih yang baik hati....yang mencintai aku, apa adanya...." seolah-olah terus terngiang di telinga kita.



2.  Kuldesak


Kuldesak adalah salah satu karya Ahmad Dhani paling sakti yang bisa membuat kita merinding ketika mendengarkannya.  Bagaimana tidak, kualitas lagu ini benar-benar luar biasa, dan layak disejajarkan dengan lagu-lagu dari band internasional.  Mungkin lagu ini terasa begitu hebat karena dikerjakan bersama Andra Ramadhan dan Once yang menyanyikan bagian backing vocal.

Kuldesak diciptakan sebagai soundtrack film yang disutradarai oleh Riri Riza, Rizal Mantovani, dan Mira Lesmana.  Jangankan mendengarkan nada-nadanya, dengan membaca lirik lagu Kuldesak saja kita sudah bisa merasakan keindahannya.  Benar-benar sebuah karya yang brilian!



1.  Aku Cinta Kau Dan Dia


Memang pantas jika memberi lagu ini predikat nomor satu ciptaan Ahmad Dhani, karena Aku Cinta Kau dan Dia benar-benar menunjukkan karakter bermusik seorang Dhani.  Diciptakan bersama Bebi Romeo, tak terhitung banyaknya artis Indonesia yang pernah menyanyikan lagu ini.  Ahmad Dhani sendiri membawakannya dalam berbagai versi yang berbeda.

Aku Cinta Kau Dan Dia adalah lagu cinta yang memiliki semua unsur untuk disebut lagu yang berkualitas.  Lirik yang indah, nada-nada yang enak didengar, dan kemasan keseluruhan yang sangat komersil.  Lagu ini menunjukkan kejeniusan kreatornya yang tidak hanya menciptakannya dari sisi artistik, namun juga sisi pasar.  Terlepas dari berbagai pendapat negatif dan berbagai kontroversi yang kerap dilontarkannya, kita tak bisa mengingkari bahwa Ahmad Dhani adalah seorang pencipta lagu yang jenius.  Salut untuk musisi satu ini!
10 Lagu Ciptaan Ahmad Dhani 4.5 5 Unknown Rabu, 24 Juli 2013 Ahmad Dhani dikenal sebagai salah satu musisi paling berbakat di Indonesia.  Tak hanya mahir dalam menciptakan lagu-lagu berkualitas, Dhani ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar